Blog

BANJARNEGARA – Kompleks perkampungan kitiran Desa Wisata Pagak kini dipasangi oenerangan oleh Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Pemasangan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di area wisata Desa Pagak merupakan salah satu program usulan pengelola Desa Wisata Pagak yang kemudian ditindaklanjuti oleh Prodi Teknik Elektro UMP. “ini merupakan program pengembangan desa mitra oleh LPPM Universitas Muhammadiyah Purwokerto,” kata Kaprodi Teknik Elektro Dian Nova Kusuma Hardani, Kemarin.

Dian menjelaskan, tujuan program pengembangan desa mitra ini adalah membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh mitra dalam mewujudkan masyarakat yang dinamis.

Selain itu, mempermudah akses warga terhadap informasi dan ilmu pengetahuan. “ karena usulan dari pengelola Desa Wisata Pagak ingin ada edukasi dari atas pemasangan panel surya ini, jadi kami pasang papan informasinya juga sebagai pengetahuan para pengunjung Desa Wisata Pagak,” terangnya.

Pendampingan Dan Pelatihan

Adapun MAnfaat yang dapat diperoleh dari program pengembangan desa mitra adalah mendukung keberhasilan desa mitra menjadi sebuah desa wisata, member fasilitas pendampingan dan pelatihan, agar masyarakat dapat mengelola Desa Wisata mereka secara professional.

Kepala Desa Pagak Sudarwosangat mengapresiasi Universitas Muhammadiyah Purwokerto dengan adanya program desa mitra ini. “Awalnya ini merupakan usulan, karena sekretaris desa kami merupakan alumnus UMP. Setelah komunikasi akhirnya bisa terealisasi programnya, “kata dia.

Pihaknya sangat berharap tak hanya dari Fakultas Teknik, semua fakultas diberikan ruang untuk berkreasi di Desa Pagak.

Desa Pagak merupakan kasawan pertanian yang mayoritas penduduknya berani dan berwirausaha kerajinan anyaman bamboo yang kualitasnya sudah ekspor ke Negara tetangga.

“Harapanya dengan adanya program mitra desa ini kami terbantu dalam berkomunikasi dan pembinaan desa untuk pengembangan desa yang lebih baik,”kata Pengelola Desa Wisata Pagak Pradikta Dimas. (J3-37)

Harian Suara Merdeka Terbit Senin 4 Maret 2019

Tinggalkan Balasan