Blog

MASYARAKAT Desa Pagak, Kecamatan Purwareja Klampok, memiliki cara tersendiri untuk menyambut Tahun Baru Islam. Mereka menggelar “Hening Gending Tengah Sawah” yang berisi kidungan tolak bala dan solawatan yang dipimpin oleh tokoh adat. Ketua panitia, Sidin mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan wujud syukur masyarakat Desa Pagak kepada Allah Swt.

“Selain itu sebagai metode syiar agama untuk mendekatkan agama melalui seni budaya,” ujar dia. Kegiatan ini dimulai dengan ziarah makam dan bersih makam sesepuh desa, sesuci dan kirab pusaka desa, golong, dan doa bersama.

Digelar pula gluntang kentong, dan puncaknya gendingan di tengah sawah rawa lutung Desa Wisata Pagak. Panitia juga mengundang desa-desa di sekitar Pagak. Selain itu, desa di kabupaten tetangga seperti Purbalingga dan Banyumas juga turut diundang.

Menurutnya, lokasi Desa Pagak yang berada di ujung barat Banjarnegara ini sangat strategis sehingga sangat mudah dijangkau dari kabupaten tetangga. Pengelola Desa Wisata Pagak, Pradikta Dimas menuturkan, pada kegiatan gluntang seluruh peserta kegiatan menabuh kentongan sehingga semarak.

Selanjutnya menggelar tahlil atau doa bersama, kepungan golong yaitu tenong yang berisi nasi di tengah dan terdapat aneka lauk pauk sayuran dan pinggirnya nasi golong. “Hal itu menggambarkan wujud dan tekad masyarakat Desa Pagak yang bulat dalam meraih cita cita,” tuturnya.

Menyatu

Kegiatan ini sendiri memiliki tujuan kuat yaitu menyatu dengan masyarakat, menyatu dengan alam. Dengan bersatunya masyarakat dalam memanfaatkan potensi alam yang ada di Desa Pagak, serta dengan segala kekuatan yang tercurah dari semua potensinya, maka Desa Pagak akan dapat bergerak menuju kemajuan pembangunan.

Kepala Desa Pagak, Sudarwo mengatakan, berbagai kegiatan yang digelar ini sangat membantu pemerintah desa dalam merealisasikan program kerja dan visi misi desa.

“Karena semua masyarakat turut serta bergerak dalam pembangunan desa. Ini kekuatan nyata dalam persatuan dan kesatuan untuk kemajuan desa,” ujar dia. ( BaharIbnu H-60)

Sumber Berita : www.suaramerdeka.com

Tinggalkan Balasan